.:. Penuntun Sholat Tahajjud .:.

PENUNTUN SHOLAT

TAHAJJUD

Pada postingan kali ini, saya mencoba untuk memberikan sedikit ringkasan mengenai tata cara dan do’a dalam melaksanakan Sholat Tahajjud. Postingan ini bertujuan agar kita semua mendapatkan kemudahan dalam melaksanakan sholat tersebut, disamping sebagai nasihat bagi diri saya sendiri secara pribadi. Semoga dapat bermanfaat. Amin..

(Dj, 10042009)

I. PENGERTIAN

Sholat tahajjud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari, di samping sholat wajib(sholat fardhu 5 waktu dan sholat jum’at). Adapun sholat sunnah apabila dikerjakan mendapatkan pahala, apabila tidak dikerjakan tidak berdosa. Sholat sunnah Tahajjud termasuk sholat sunnah mu’akad. Sholat sunnah ada 2 macam, yaitu :

  1. Sholat sunnah Mu’akad (sholat sunnah yang dikuatkan oleh syara’).
  2. Sholat sunnah Ghairu Mu’akad (sholat sunnah yang tidak mu’akad).

Adapun sholat tahajjud (sholat malam) itu, adalah suatu macam amal yang senantiasa dijadikan “Amalan Wirid” oleh Rasulullah SAW, para sahabat, “Ulama dan Sholihin”. Sedikitnya 2 rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas, waktunya mulai waktu Isya’, sampai terbitnya fajar. Sholat malam dapat disebut sholat Tahajjud, tetapi dengan syarat apabila dikerjakan sesudah bangun dari tidur malam, sekalipun tidurnya hanya sebentar. Jadi, kalau dikerjakan tanpa tidur lebih dahulu, maka tidak disebut sholat tahajjud, tetapi dinamakan sholat sunnah biasa seperti sholat Witir atau sholat Hajat dsb.

Pahala sholat tahajjud ini sangat besar, seperti yang terdapat dalam Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 79 yang berbunyi :

tahajjud1

“Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji”.

(Al Isra’ :79).

1. Waktu Sholat Tahajjud

Waktu untuk mengerjakan sholat tahajjud sama dengan waktunya sholat Isya’ sampai sepanjang malam, ini adalah saat-saat yang paling utama. Maka waktu malam yang panjang itu dapat kita bagi menjadi 3 bagian :

a. Sepertiga Pertama, yaitu kira-kira dari jam 19.00 sampai dengan jam 22.00, ini saat utama.

b. Sepertiga Kedua, yaitu kira-kira dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00, ini saat paling utama.

c. Sepertiga Ketiga, yaitu kira-kira jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu Shubuh, ini adalah saat yang paling utama-utamanya.

Demikian menurut Hadits Rasulullah SAW sebagai berikut :

tahajjud2

Artinya :

“Perintah Allah SWT turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam. Lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdo’a) pasti Aku kabulkan, adakah orang yang meminta, pasti akan Ku beri dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Ku ampuni baginya, sampai tiba waktu Shubuh”.

Sabda Rasulullah SAW :

tahajjud3

Artinya :

Dari Abu Hurairah : Tatkala ditanya oleh Nabi SAW : “Apakah sholat yang lebih utama selain sholat fardhu lima waktu?” Jawab beliau : ”Sholat tengah malam”. (Riwayat Muslim dan lainnya).

2. Manfaat Sholat Tahajjud

Dalam menunaikan sholat tahajjud, hasilnya bisa memberikan manfaat bagi orang yang mengerjakannya, yaitu keselamatan dan kesenangan dunia dan akhirat, yaitu antara lain sbb:

1. Wajahnya akan memancarkan cahaya keimanan.

2. Akan dipelihara oleh Allah SWT dirinya dari segala macam marabahaya.

3. Setiap perkataannya mengandung arti dan diturut oleh orang.

4. Akan mendapat perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalnya.

5. Dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah yang bercahaya.

6. Diberi kitab amalnya ditangan kanannya.

7. Dimudahkan hisabnya.

8. Berjalan diatas shirath bagaikan kilat.

3. Kesimpulan Cara Sholat Tahajjud

Sholat tahajjud yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW adalah 8 (delapan) rakaat ditambah witir 3 (tiga) rakaat, jadi jumlahnya 11 (sebelas) rakaat, dengan setiap 2 rakaat salam sekali. Jadi sholat tahajjud sebagaimana sholat sunnah biasa hanya dilakukan di waktu malam dan sesudah bangun dari ridur, sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW :

tahajjud4

Artinya :

“Sholat malam itu adalah dua (rakaat), dua (rakaat), apabila kamu khawatir akan masuknya waktu Shubuh maka berwitirlah satu rakaat saja”. (HR. Bukhari Muslim)

4. Surat-surat Yang Dibaca

Mengenai surat-surat yang dibaca sesudah membaca Fatihah pada tiap-tiap rakaat boleh mana saja yang mudah, dalam Al Qur’an dinyatakan :

tahajjud5

Artinya :

“…………bacalah oleh kamu apa-apa ayat yang mudah daripada Al Qur’an”. (Q.S. Al Muzammil : 20)

II. TATA CARA DAN BACAAN DALAM MENGERJAKAN SHOLAT TAHAJJUD

Setelah berwudhu, kemudian berdiri tegak ditempat yang suci menghadap kiblat. Khusyu’kan perasaan dan hati kita dipusatkan menghadap ke kiblat dihadapan Allah SWT, dan beserta niat dalam hati.

1. Niat

Adapun lafadznya niat dalam mengerjakan sholat sunnah tahajjud adalah sebagai berikut :

tahajjud6

Artinya :

“Aku niat sholat sunnah Tahajjud dua rakaat karena Allah ta’ala. Allahu Akbar”.

2. Kemudian Takbiratul Ihram

Mengangkat kedua tangan serta meletakkan ibu jari pada daun telinga, telapak tangan dihadapkan kearah kiblat seraya membaca “Allahu Akbar”, setelah membaca takbir, lantas tangan diletakkan di dada sebelah bawah diatas pusar perut, tangan kanan diatas tangan kiri dengan sedekap, kemudian membaca do’a Iftitah.

3. Bacaan Do’a Iftitah yaitu :

tahajjud7

Artinya :

“Allah Maha Besar lagi Sempurna Kebesaran-Nya, segala puji bagi-Nya dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku semata hanya untuk Allah seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan demikian aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan bagi-Nya, dan aku dari golongan orang Muslimin”.

4. Surat Al Fatihah

Sesudah membaca do’a Iftitah, kemudian membaca surat Fatihah, sbb :

tahajjud8

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai di hari Pembalasan. Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan Hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan. Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang Telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat”.

(Q.S. Al Fatihah : 1-7)

5. Kemudian membaca salah satu surat yang ada di dalam Al Qur’an, misalnya surat Al Ikhlas

tahajjud9

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Katakanlah: “Dia-lah Allah, yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

(Q.S. Al Ikhlas : 1-4)

Kemudian rakaat yang kedua sesudah membaca surat Al Fatihah, lalu membaca surat Al Kaafiruun

tahajjud10

Artinya :

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Katakanlah: “Hai orang-orang kafir, Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang Aku sembah. Dan Aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, Dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah Tuhan yang Aku sembah. Untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. (Q.S. Al Kaafiruun : 1-6)

6. Ruku’

Selesai membaca surat, lalu mengangkat kedua belah tangan setinggi telinga, kemudian ruku’ dengan penuh khusyu’ seraya membaca “Allahu Akbar”, lalu badan membungkuk, kedua tangan memegang lutut dan ditekankan antara punggung dan kepala supaya rata.

Pada waktu ruku’ membaca :

tahajjud11

Artinya :

“Maha Suci Tuhan yang Maha Agung, serta segala pujian kepada-Nya”.

7. I’tidal

Selesai ruku’ bangkitlah kembali dengan tegak sambil mengangkat kedua belah tangan setinggi telinga sambil membaca :

tahajjud12

Artinya :

“Allah mendengar orang yang memuji-Nya”.

Pada waktu berdiri tegak (I’tidal) seraya melepaskan kedua tangan disamping badan, terus membaca :

tahajjud13

Artinya :

“Ya Allah Tuhan kami, bagi-Mu segala puji, sepenuh langit dan bumi, dan memenuhi segala barang yang Kau kehendaki sesudah itu”.

8. Sujud

Setelah I’tidal terus melakukan sujud (tersungkur ke bumi dengan meletakkan dahi ke bumi) sambil membaca :

tahajjud14

Artinya :

“Allah Maha Besar”

Maka pada waktu sujud membaca tasbih sbb :

tahajjud15

Artinya :

“Maha Suci Allah, serta pujianku kepada-Nya”.

9. Duduk antara dua sujud

Setelah sujud kemudian duduk seraya membaca :

tahajjud14

Artinya :

“Allah Maha Besar”

Lalu pada waktu duduk di antara dua sujud membaca :

tahajjud16

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah dosaku, dan belas kasihanilah aku dan luaskanlah aku, dan angkatlah derajatku, dan berilah rizqi kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan kepadaku, dan berilah ampunan kepadaku”.

10. Sujud Kedua

Setelah selesai membaca sebagaimana diatas, lalu sujud kembali sambil mengucapkan “Allahu Akbar”. Sujud kedua ini sama seperti sujud pertama, kembali membaca sebagaimana bacaan (tasbih), kemudian berdiri kembali sambil mengucapkan “Allahu Akbar”, kemudian untuk memulai rakaat yang kedua juga dengan bacaan Al Fatihah.

Selesai membaca al Fatihah, maka bacalah salah satu surat yang pendek, misalnya : Al Ashr, Al Falaq, An Naas. Setelah ruku’, I’tidal, sujud pertama, duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kedua, yang mana bacaannya sama sebagaimana rakaat pertama. Tetapi, pada rakaat kedua ini, setelah menyelesaikan sujud kedua, kita tidak berdiri tegak sebagaimana pada akhir rakaat yang pertama, tetapi kita kembali duduk lagi, yaitu yang disebut duduk Tasyahud/tahyat akhir, maka sambil mengucapkan “Allahu Akbar”.

11. Duduk Tasyahud/Tahyat Akhir

Pada rakaat kedua ini, kita duduk untuk membaca tasyahud/tahyat akhir, dengan duduk kaki kiri dimasukkan ke bawah kaki kanan, seraya membaca lafadznya tahyat akhir, yaitu :

tahajjud17

Artinya :

“Segala kehormatan, keberkahan, kesejahteraan dan segala kebaikan bagi Allah, salam rahmat dan berkah-Nya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad SAW). Semoga keselamatan untuk kami dan untuk hamba-hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah. Ya Allah ! Limpahilah rahmat atas Nabi Muhammad dan atas keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berilah keberkahan atas penghulu kami Nabi Muhammad SAW beserta para keluarganya. Sebagaimana telah Engkau berikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia”.

12. Salam

Setelah selesai tahyat akhir, kemudian salam dengan menengok ke kanan dan ke kiri dengan membaca :

tahajjud18

Artinya :

“Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap atas pada kamu sekalian”.

III. DO’A SESUDAH SHOLAT TAHAJJUD

Dalam hadits Bukhari dinyatakan, bahwa Rasulullah SAW, jika bangun tidur di tengah malam, kemudian ber Tahajjud, Beliau membaca do’a sebagai berikut :

tahajjud19

Artinya :

“Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya, bagi-Mu lah segala puji, Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mu lah segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagi-Mu lah segala puji, Engkaulah yang haq dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu adalah hak benar, dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah benar, dan neraka adalah benar, dan Nabi Muhammad pun benar, demikian pula datangnya hari kiamat juga benar. Ya Allah, kepada-Mu aku menyerah, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakkal, kepada-Mu aku kembali, kepada-Mu pula aku mengadu, kepada-Mu pula aku mohon keputusan. Karena itu, ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu serta yang akan dating, yang kusembunyikan maupun yang ku tampakkan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tiada Tuhan melainkan Allah yang patut disembah, serta tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”.

Sesudah membaca do’a tersebut di atas, maka perbanyaklah membaca Istighfar, adapun Istighfar yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW adalah :

tahajjud20

Artinya :

“Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau, Engkau Dzat yang telah menjadikan kami, dan kami adalah hamba Engkau, dan kamipun dalam ketentuan Engkau, serta janjimu sedapat yang kami kerjakan, kami mohon perlindungan-Mu dari kejahatan apa saja yang kami lakukan, kami mengakui kenikmatan yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan kami juga mengakui akan dosa kami, karena itu berilah ampunan kepada kami, sesungguhnya tidak ada yang member pengampunan kecuali Engkau”.

Setelah itu bacalah do’a ini :

tahajjud21

Artinya :

“Wahai Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”.

Maka setelah selesai membaca do’a-do’a tersebut sekiranya masih bisa menjalankan maka bacalah ayat-ayat Al Qur’an seperti : surat Al Ikhlash, surat Al Falaq, surat An Naas, surat Yaasiin atau membaca ayat kursi, dan mintalah dengan sesungguhnya di hadapan Allah SWT diwaktu sholat Tahajjud, atas segala yang engkau hajatkan (minta), Insya Allah dengan rahmat dan hidayah-Nya, Allah akan mengabulkan segala do’a yang engkau mohonkan.

Amiin…Allahumma Amiin. Yuks, mari kita sholat TAHAJJUD…

Disadur dari : “Penuntun SHALAT TAHAJJUD”, M. Imran, Penerbit “Karya Ilmu”, Surabaya

About these ads

53 thoughts on “.:. Penuntun Sholat Tahajjud .:.”

  1. Terima kasih ya mas, saya lagi nyari buku saya penuntun sholat, gak ketemu, kepikiran liat di internet aje deh. eeh ketemu. mudah mudahan bermanfaat.

  2. Alhamdulillah jika sudah menemukan yang di cari…semoga blog ini bisa bermanfaat mas achmad..amin…allahuma amin…tetap semangat dan salam super.

  3. ms sy mw tnya dnk,
    misal di 2 rakaat pertama kita baca surat al-ikhlas sama al-kafirun trus di 2 rakaat ke-2 kita baca ke-2 surat itu lagi boleh ngga? apa di haruskan setiap rakaat bacaan suratnya beda? thanks sebelumnya,

  4. gunawan :

    Amin allahuma amin…bagi yang berniat dan bersungguh-sungguh pasti mampu melaksanakannya.

  5. winni :

    Terima kasih banyak mba atas keingintahuannya yang besar. Satu hal yang pasti adalah, Allah SWT maha mengetahui akan kondisi hambanya. Saya bukanlah seorang ustadz, tapi saya mencoba untuk menjawabnya.

    Membaca surat yang sama untuk rekaat yang berikutnya itu diperbolehkan, lasannya adalah : jika memang kita belum hafal surat lainnya, atau memang surat tersebut yang paling di hafal, ataupun memang kita hanya punya waktu sedikit jadi membaca surat yang sama.

    Alangkah indahnya jika kita mampu membaca dengan surat yang berbeda. Semakin panjang surat yang dibaca, ibarat kita sedang membaca surat cinta kepada sang kekasih. (Pasti inginnya baca suratnya yang lama). Sehingga ketika kita berkhalwat (berdua dan bermesraan dengan Allah), pasti akan semakin memupuk rasa kerinduan. BTW, membaca surat itu juga termasuk dalam sebuah tuntunan sholat tersebut.

    Wallau ‘alam bishshowab

    Tetap semangat ya mba.

  6. Terima kasih banyak, saya lagi bingung mo belajar sholat malam, eh baru ingat buka internet ada komplit sampe ke tatacara, do’a dan manfaatnya. Moga bermanfaat dan moga penulis slalu dalam genggaman Alloh SWT, aminnnnn…

  7. kosim : terima kasih banyak akhi…semoga artikelnya bisa membantu dan menjadi inspirasu yah….terima kasih banyak atas do’anya dan semoga kita semua bisa istiqomah dijalan-Nya….Amin allahuma amin.

  8. Alhamdulilah, akhirnya ketemu…… lagi khawatir karena ada sesuatu pengen shalat tahajud lupa doanya untung bisa browsing….dan ketemu…terima kasih ya……

  9. Terimakasih atas artikel tentang Sholat Tahajjut ini,dulu saya membayangkan Sholat Tahajjut itu sangat susah syarat-syaratx,tetapi setelah membaca artikel ini,kini saya tau ternyata Sholat Tahajjut itu tidak susah dan rumit,semoga ALLAH SWT selalu membukakan pintu Hidayah kepada kita semua dan selalu mendapat petunjuk agar senantiasa kita slalu dapat melaksanakan Ibadah-ibadah sunnahx…Amin.

  10. Assalamualaikum Wr Wb.
    Terimakasih atas diterbitkanx artikel ini,karna setelah membaca artikel ini,saya jadi tau kalau trnyata Sholat Tahajjut itu tidaklah serumit dan susah seperti yg saya bayangkan,semoga Allah SWT salalu memberikan hidayahx kepada kita smua,agar senantiasa dpt melaksanakan ibadah-ibadah sunnah seperti yg di contohkan Rasulullah Muhammad SAW…Amin.

  11. Waalaikumsalam…

    Sama2 akhi faiq…semoga bermanfaat untuk kita semua dan membawa keberkahan bagi kita semua yang menjalankannya…amin…ya muujibassailiin…..

  12. Wah subahanallah ini sangat bermanfaat,
    terimakasih banyak yah,,saya maw mengikangkan ke galauan saya dengan shalat tahajud..insyallah

  13. @Akbarizzy : alhamdulillah…semoga bermanfaat dan bisa menjadi obat tersendiri…semoga dapat menghilangkan kegalauan yang terjadi..semoga sukses selalu untuk antum ya akhi…..

  14. Subhanallah…informasinya sangat membantu saya untuk melaksanakan shalat tahajud. Makasih ya…

  15. @Yeni Mulyani : Sama-sama ya mba…semoga mudah untuk dijalankan dan dijadikan agenda rutin…amin…sukses yah… :D

  16. sama-sama ya akhi..semoga bermanfaat..amin…linknya atau contennya boleh di share ke yang lain koq, silahkan ja…

  17. @deni komara alamsyah

    assalamualaikum wr wb, dlm sholat tahajud saya buka tentang sholat tahajud di web yg berbeda, saat ruku membaca tasbih 3x, sujud pertama membaca tasbih 3x, sujud kedua membaca tasbih 3x.. yg aku tanyakan bacaan tasbih tuh yang seperti apa ya bacaannya….? makasih..

  18. @shely nur fitriani

    terima kasih mas atas infonya
    saya mau UN,,lalu cari cara supaya Allah memberi kesuksesan pada saya di UN nanti.
    akhirnya saya teringat untuk melakukan shalat tahajud. tapi saya masih kurang paham dengan niat+tata cara pelaksanaannya.
    saya mencoba browsing,,eh ada….
    alhamdulillah…terima kasih banyak mas!!

  19. Waalaikum salam…

    Duh maap banget kang deny baru sempat di reply nih…lagi ada kesibukan, iya benar bisa juga dengan membaca tasbih. Pada dasarnya, tasbih itu merupakan kalimat puji2an yang khusus dipersembahkan untuk Allah SWT, adapun kalimatnya kurang lebih sebagai berikut “Subhanallah wal hamdulillah walaa ilaaha illallohu wallohu akbar (subhanallah, alhamdulillah, allahu akbar)”. Demikian kang deni dan mohon koreksi jika ada kekeliruan. makasih

  20. Sama-sama ya mba, semoga bisa membantu dan semoga dimudahkan pula UN nya agar mendapatkan hasil yang terbaik….amin. Kedepannya semoga juga amalan sholat ini tidak hanya diperlukan ketika kita membutuhkannya, tetapi lebih kepada kebutuhan….amin. Thanks yah !!! Ganbatte !!!

  21. MAS…… GIMANA KALO KITA GAK TIDUR ALIAS BEGADANG TRUS KITA LANGSUNG SHOLAT TAHAJUD AJA,,,,,,,GIMANA TUH BOLEH GAK,,,,,,SELAMA INI GAK ADA YANG NANYA BEGINI MAS,,,TRUS GIMANA HUKUMNYA SAH APA TIDAK SHOLATNYA..SEBAB SAYA ORANGNYA SUSAH TIDUR JADI LANGSUNG NGERJAIN SHOLAT TAHAJUDNYA AMA WITIR 3REKAAT. TERUS TERANG SAYA MULAI SUKA SAMA SHOLAT MALAM TERUTAMA SUNAT TAHAJUD,,,SEBAB KATA ALLAH BARANG SIAPA YANG MENGERJAKAN SHOLAT MALAM ( TAHAJUD ) ALLAH AKAN MEMBERINYA 9 KEMULYAAN & DIBERIKAN ALLAH SYURGA MA’WAH YANG MALAIKAT JIBRIL SAJA TIDAK BISA MENCAPAINYA…..( SUBHANALLAH ) . TOLONG MAS DIJAWAB ATAU SIAPA SAJA YANG BISA MENJAWABNYA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH………

  22. @dahri doank
    Untun mas dahri…makasih atas pertanyaannya…memang yang dinamakan sholat tahajud adalah jika memang terbangun dari tidur,karena itu memang syaratnya. Jika tidak terbangun dari tidur,maka belumlah dianggap sebagai tahajud,statusnya sama saperti sholat lainnya. Yang dimaksud bangun dari tidur disini adalah,kita terbangun dari tidur,meskipun tidurnya hanya sebentar, misal hanya 10 menit,tapi benar2 tidur…..karena syaratnya memang demikian….jika mas dahri memang yg terbilang sulit tidur, masa sih sama sekali tidak bisa tidur…10 menit aja asal tidur,maka sudah sah untuk melaksanakan tahajjud….untuk terjaga dari tidur bisa dengan memesan kepada istri/suami untuk dibangunkan atau bisa memasang alarm…demikian,semoga dapat diterima dan tolong dikoreksi kalau ada kesalahan…

    Semoga senantiasa memberikan yg terbaik untuk Allah SWT melalui tahajud ini ya mas….amin…

  23. assalam mualaikum mas Makhdy……..terima kasih banyak atas jawaban yang diberikan ini sangatlah membantu saya….jadibegini mas..ditempat saya tinggal ada yang namanya pak imam mesjid,beliau mengatakan begini ( ini kalo sy tdk salah dengar ) kata nya sholat malam itu tidak mesti dilakukan saat kita bangun tidur saja,jadi bisa dilaksanakan tidak dengan terbangun dari tidur dulu, sebab katanya pak imam mesjid itu Allah itu maha tau dan mengerti apa2 yang dikerjakan hambanya.berangkat dari situlah maka saya suka tahajud dengan tidak tidur terlebih dahulu mas karena memang saya boleh dikatakan tidak pernah tidur dibawah jam 02.00 atau bahkan lebih.jadi mohon mas pencerahan nya lagi buat saya & pembaca yang lain untuk memantapkan hati ini yang memang masih sangat dangkal akan ilmu agama. Terima kasih ya mas sebelum nya semoga allah swt selalu merahmati mas makhdy & senantiasa dalam lindungan nya.amin……..

  24. @dahri doank

    Waalaikum salam wr.wb
    Iya memang benar mas,sebelumnya saya minta maap saya bukanlah seorang ustadz,tp saya juga masih belajar koq….makasih yah atas informasinya….memang benar,utk kasus mas hal tersebut sangat di mafhumkan atau bisa di bolehkan karena kondisi yang krusial…secara syariat memang diharuskan tidur meskipun sejenak,namun kalau memang ada kondisi org2 yg berkesulitan tidur itu dibolehkan,itulah kenapa sholat tarawih dibulan ramadhan juga dapat dikategorikan sebagai sholat malam….sama saja semisal kenapa kita tidak boleh bertato,karena jika ada seseorang yg bertato,maka ketika ia mendapatkan harus mandi wajib,maka air tersebut tdk sampai ke pori2nya karena tertutup lapisan tato tadi,itulah kenapa hendaknya tatonya harus dihilangkan terlebih dahulu,namun jika dikhawatirkan akan membahayakan kesehatan,maka benar Allah SWT maha tahu hati hambanya,jadi tidak apa2 untuk mandi wajib bagi yg bertato.

    Intinya adalah kesungguhan kita dalam melakukan sebuah amalan,apalagi ini adalah amalan yg sangat mulia.Ternyata sungguh indah bukan Islam itu,ia akan memberikan kemudahan bagi hamba2nya yg mau bersungguh-sungguh.Afwan minkum

    Semoga bisa semakin menambah semangat kita dalam beribadah….amin.Sukses ya mas….

  25. BISMILLAH HIRRAHMAN NIRRAHIM ……..ASSALAM MUALAIKUM MAS MAKHDY…..UNTUK KALI KEDUA SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH YANG SETULUS TULUSNYA ATAS PENJELASAN INI SEMOGA BERMANFAAT BAGI PARA PEMBACA YANG BUDIMAN KHUSUSNYA BAGI SAYA..& RASANYA TELAH SEJUK HATI SAYA MEMBACA APA YANG MAS URAIKAN DIATAS. SEKALI LAGI TERIMA KASIH.AHIRNYA SAYA MENGUCAPKAN….
    WASSALAM MUALAIKUM.WR.WB
    Sukses juga buat Mas Makhdy……………………

  26. @dahri doank

    Waalaikum salam wr.wb
    Alhamdulillah….saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas informasi dan diskusinya…senang rasanya bisa saling berbagi…amin allahuma amin,semoga bermanfaat juga bagi teman2 semua yg telah mampir di blog sederhana ini….

    Semoga kita semua senantiasa mendapatkan keberkahan dalam hidup ini…amin…tetap semangat ya mas…..

  27. assalamu’alaikum..
    mas, kalau saya bangunnya jam 12 malem, tapi nglaksanain sholat tahajudnya jam 1 gimana? boleh nggak? apa begitu bangun harus langsung ngelaksanain?? gimana mas?

  28. Shely
    Gak masalah, bahkan itu lebih baik sebab sudah mulai masuk waktu yg paling utama yakni 1/3 malam terakhir (sekitar antara jam 1.30 sampe menjelang subuh)

  29. ​آمِينْ… آمِينْ… يَا رَ بَّ العَـــالَمِيْن……sama2 yah….

  30. Iya benar banget tuh kang Ahmad….اِنْ شَآ ءَ اللّهُ sudah memasuki fase yg utama….lanjutkan…

  31. Mas, sya ingin skali melakukan amalan shalat tahajud ini tetapi belum hafal doa shabis tahajudnya, bisakah di ganti dengan berdoa saja meminta ampunan dll. Trimakasih.

  32. Sesungguhnya Allah SWT maha mengetahui segala bahasa, bahkan yang tersirat di hati sekalipun…iya kalau menurut saya tidak apa2…selama kita masih dalam tahap belajar…hanya nanti jika sudah mulai terbiasa…sesuai anjuran Rasulullah SAW ini doa yang sering dibaca….santai aja….nnti image doa ini di klik kanan-pilih save as….nanti tinggal di print aja…nah trus di tempel di depan tempat sujud deh (bukan di sajadah yah, bisa di tembok gitu)…jadi habis tahajjud bisa sambil dibaca….gak papa koq…insya allah lama2 akan hafal deh….semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s